“SERO” Alat tangkap ikan sederhana di sekitar laut Kendari “SERO” Alat tangkap ikan sederhana di sekitar laut Kendari

Monday, December 28, 2009

“SERO” Alat tangkap ikan sederhana di sekitar laut Kendari

. Monday, December 28, 2009


“Sero” itulah nama alat tangkap ikan yang banyak di jumpai dipinggir laut Kendari. Sero terbuat dari jaring nelayan, bambu, dan kayu. Sero biasanya dipasang di laut pada kedalaman antara 2 smpai 3 meter. Sero dipasang dengan system tancap. Setia pagi pemilik sero melakukan panen ikan


“Sero” itulah nama alat tangkap ikan yang banyak di jumpai dipinggir laut Kendari. Sero terbuat dari jaring nelayan, bambu, dan kayu. Sero biasanya dipasang di laut pada kedalaman antara 2 smpai 3 meter. Sero dipasang dengan system tancap. Setia pagi pemilik sero melakukan panen ikan.

Karena sistem kerjanya ditancap yang membentang antara 30 sampai 50 meter dalam bentuk anak panah atau busur.

Pada ujung busur disediakan ruang untuk menampung ikan. Ukurannya kurang diameter 150cm. Pada pintu masuk ruang ini dibentuk sedemikian rupa sehingga ikan hanya bisa masuk tapi tidak bisa keluar. System kerjanya persis ssperti bubu.

Sementara fungi kaki busur yang terbuat dari deretan jaring membentang tegak lurus dari kaki hingga ujung busur. Panjangnya bisa antara 30 sampai 50 meter. Fungsinya untuk menggiring ikan menuju ruangan yang telah disediakan.

Pemasangan sero biasanya melihat struktur laut yang dangkal tapi mendekati kondisi laut yang dalam. Ini salah satu strategi pemilik sero untuk mendapatkan hasil yang banyak. Biasanya ikan pada saat air laut surut pasti akan mencari tempat yang lebih aman.

Sementara pada saat air laut pasang, biasanya ikan akan memenuhi laut yang dangkal. Kesempatan inilah yang diharapkan oleh pemilik sero agar ikan bisa terjaring kedalam sero pada saat air laut mulai surut.

Untuk membuat sero antara 30 sampai 50 meter membutuhkan biaya kurang lebih tiga juta rupiah. Dari seluruh komponen sero yang dibeli cuma jaring. Sementara kayu dan bambu didapat dari sekitar pemukiman nelayan yang tumbuh liar.

Modal utama yang dibutuhkan untuk pemilik sero adalah, sampan atau perahu untuk mengangkut hasil ikan dari sero. Modal yang tak kala pentingnya adalah menyelam. Ya, dengan jalan inilah nelayan memungut ikan dari ruang perangkap yang berdiameter 150 centimeter tadi.

Selain fungsi itu, perahu juga digunakan sebagai sarana transportasi dari darat ke lokasi sero. Lokasi sero yang terjauh dari rumah nelayan ada yang membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam sekali jalan.

Biasanya pemilik sero melakukan panen setiap hari antara jam 6 sampai jam 10 pagi. Saat panen tidak lagi memperhitungkan air laut surut atau tidak. Kalau air laut pasang maka dibutuhkan tenaga ekstra menyelam untuk meraih ikan yang sudah terperangkap.

Kalau lagi mujur hasilnya tidak menampung perahu. Dan kalau ini terjadi, maka nelayanan akan melakukan panen kembali setelah perahu yang sudah penuh telah di drop ke darat. Tapi kalau lagi apes, maka nelayan hanya membersihkan sampah-sampah yang tersangkut di jaring.

Jenis ikan yang didapat dari sero tentu bervariasi. Mulai dari ikan cakalang, cumi-cumi, baronang, kepiting, pari, lobster dan lain-lain. Bahkankan belut dan ular pun terkadang didapat.

Kehidupan ini terus dan terus dijalani oleh nelayan dari hari ke hari. Rata-rata nelayan memiliki lebih dari satu sero dan tersebar di mana-mana yang dianggap memiliki strategi pergerakan ikan dengan peluang besar bisa terjebak dalam sero.

Kalau masih ada waktu sebelum nelayan menuju ke daratan, hasil tangkapan biasanya sudah dipilah-pilah dalam satu ikatan dengan harga tertentu. Makin besar ikan yang didapat maka hargapun makin baik.

Satu ikatan biasanya terdapat sepuluh sampai lima belas ekor ikan yang dijual di darat antara sepuluh hingga duabelas ribu rupiah. Jika ikan membanjir harga tersebut bisa anjlok menjadi dua ribu lima ratus ruiah per ikat nya.


1 komentar :

Anonymous said...

Sy dulu sering ikut panen ikan di Sero :-)
Wuihh seru..
Iya Pak, sy dulu di SMU 1 Kendari.
Terakhir sy pulang ke Kdi sekitar 2 thn yg lalu.
Salam

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terimakasih banyak atas kunjungannya