“Sapi nonton film” “Sapi nonton film”

Sunday, January 17, 2010

“Sapi nonton film”

. Sunday, January 17, 2010


Membaca judul diatas, “sapi” apakah gerangan yang bisa menonton film. Sapi jantan, sapi betina, anak sapi atau neneknya sapi. Sapi nonton film kayaknya cuma ada di daerah Merauke-Papua. Mungkin juga ada di daerah lain pada kawasan Indonesia Timur. Siapa sebenarnya yang melahirkan sapi nonton film?


Bukan saja film, tapi bisa jadi sapi makan nasi, sapi sembahyang, sapi sekolah, sapi laut, sapi main bola. Dan sejuta lagi sapi-sapi yang anda bisa rasakan langsung. ”Sapi” ini terkadang hanya nampak pada kehidupan remaja. ”Sapi” ini juga kadang menyesuiakan dengan lingkungan sekitarnya.

“Sapi” tidak serta merta bisa kita saksikan secara langsung bila belum beradaptasi dengan lingkungan. ”sapi” memang keluar dengan spontanitas. Secara alami “sapi” ini muncul tanpa ada kesengajaan tapi memang murni dari situasi yang mendukungnya.

“sapi” memang hampir dimiliki oleh anak-anak atau remaja di merauke. Tapi sebenarnya sapi itu juga merupakan khas. Saya suka sekali. Tulisan ini dibuat memang untuk mengenang “sapi-sapi” yang pernah saya miliki ketika di Merauke.

Entah sekarang ? apakah “sapi” itu masih banyak “berkeliaran”? terus terang hampir sepuluh tahun saya tinggalkan kota Merauke. Tapi yang pasti dahulu saya terlalu banyak diperkenalkan dengan “sapi-sapi” nya Merauke.

Di sekolah ada “sapi” di rumah ada “sapi” bahkan bisa jadi di gereja dan mesjid bisa ada jadi ”sapi”. Tapi jangan harap pendatang yang baru saja tiba di merauke bisa serta merta merasa sapi-sapi yang saya sebutkan tadi.

Intinya “sapi” ini hanya dinikmati di telingan. Karena sesungguhnya sapi itu sendiri bukanlah kata dari seekor binatang yang biasa jadi korban jika idul fitri tiba. Atau sapi yang dibuat abon, dibuat coto dan sebagainya.

”sapi” adalah singkatan dari ”saya pergi” begitulah logat beberapa anak muda yang ada di Merauke dahulu, termasuk saya kerap sekali menggunakan kata ”sapi” bila telah berinteraksi dengan teman-teman saya. Interaksi dengan kata-kata ”sapi” ini total tanpa dibuat-buat. Asli dari dalam pikiran yang normal dan sehat.

Itulah sebabnya pendatang terkadang sulit mendengarkan kata sapi karena sesungguhnya anak-anak yang biasa menggunakan kata ini, akan muncul jika sebelumnya telah terjalin hubungan yang akrab dan telah lama terjalin hubungan emosional diantara mereka-mereka pengguna kata ”sapi”

So... ”sapi nonton film” berarti sa=saya pi=pergi, sapi sama dengan makna saya pergi. Jadi judul diatas berarti juga ”saya pergi nonton film”

Semoga pembaca tidak kaget bila mendengar kata-kata yang satu ini jika sedang melakukan kunjungan ke kota paling timur di indonesia, Merauke.

Merauke i love you. I miss you. Merauke, isakot bekai, isakot kai




0 komentar :

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terimakasih banyak atas kunjungannya