Sate pokea makanan khas kendari Sate pokea makanan khas kendari

Friday, August 26, 2011

Sate pokea makanan khas kendari

. Friday, August 26, 2011


Sate pokea memang hanya ada di kendari. Mungkin didaerah lain juga ada, tapi yang pasti bukan pokea namanya. Menurut pengamatan saya, makanan yang satu ini lebih banyak dijajakan di jalanan ketimbang di rumah makan ataupun restoran Sate pokea sering dibawa keliling oleh penjualanya. Kebanyakan yang menjual juga masih tergolong anak-anak sembari teriak “sate pokea” teriakan ini membawa khas makanan ini untuk menggoda selera setiap orang yang mendengarnya.

Bahan utamanya dari sungai pohara yang bernama Pokea. Pokea adalah jenis keong yang banyak hidup di sungai pohara. Selain itu bumbu yang digunakan dari kacang serasa pas dan serasi untuk memanjakan lidah.

Sebagaimana layaknya sate, maka sate pokea juga disajikan dalam satu tusukan lidi yang bisa berisi sampai 5 buah pokea. Paling pas di lidah jika makanan ini disantap bersama dengan nasi ketan yang khas ala kendari.

Untuk mencicipi makanan ini tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak karena rasanya cukup 20ribu per orang kita sudah bisa menikmati namanya “sate pokea” khas Kota Kendari.

Jika berkunjung ke Kendari tak lengkap rasanya bila tak merasakan kuliner yang satu ini. Lebih khas lagi jika ingin merasakan makanan yang satu ini, bisa mengunjungi salah satu warung di daerah Pohara, kurang lebih 25 Km dari Kota Kendari.

Atau jika bingung bisa menghubungi dan silakan tinggalkan nama dan alamat pada kolom komentar tulisan ini. Ok saya tunggu. Kendari Me’ambo.



0 komentar :

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terimakasih banyak atas kunjungannya