AYO BUAT PEPES IKAN TERI AYO BUAT PEPES IKAN TERI

Sunday, August 5, 2012

AYO BUAT PEPES IKAN TERI

. Sunday, August 5, 2012


Bulan puasa tahun ini (1433H) membuat saya terasa sangat menikmati satu menu khusus untuk sahur dan buka puasa dari makanan yang terbuat dari ikan teri, yaitu masakan pepes ikan teri.


Hampir tiap hari, menu itulah yang menemani saya baik saat berbuka maupun pada saat sahur.

Makananan itu biasanya saya beli di pasar dadakan yang hampir setiap jalan di kota tempat saya tinggal ramai menjual berbagai jenis masakan dan kue.

Karena merasa senang dengan masakan itu, maka saya pun mencoba untuk membuat sendiri.

Kebetulan tempat tinggal saya tidak terlalu jauh dengan Pelelangan ikan di Kendari yang hampir setiap harinya ikan teri selalu ada dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Ayo langsung ke TKP
Bahan:
250 gr ikan teri basah, buang kepalanya, bersihkan
1 buah jeruk nipis, ambil sarinya
4 buah bawang merah, iris halus
2 buah cabai merah, iris serong halus
1 batang daun bawang , iris halus1 batang daun salam
2 tangkai daun kemangi, iris kasar
Garam, merica dan gula secukupnya
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm jahe
1 sdt ketumbar
1 buah cabai merah
2 cm kunyit


Cara Membuat Resep Masakan Pepes Teri Daun Kemangi:

• Lumuri ikan dengan sari jeruk nipis, biarkan meresap selama 5 menit
• Campur dan aduk jadi sat uteri, bawang merah, cabai merah, daun bawang, daun salam, daun kemangi, bumbu halus, garam, merica, gula secukupnya
• Siapkan daun pisang. Letakkan 2 sendok makan adonan pepes, bungkus dan padatkan. Kukus 30 menit hingga matang, angkat
• Hidangkan

Woooooo hasilnya hm……. Mantaf



0 komentar :

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terimakasih banyak atas kunjungannya