9 Pemanis Alami yang Tidak Menggemukkan Badan 9 Pemanis Alami yang Tidak Menggemukkan Badan

Thursday, September 27, 2012

9 Pemanis Alami yang Tidak Menggemukkan Badan

. Thursday, September 27, 2012

1. Blackstrap Molasses

Blackstrap molasses merupakan sirup yang dihasilkan dari air tebu yang telah dididihkan sebanyak tiga kali. Memiliki rasa manis yang kuat, dan bisa jadi pemanis yang baik untuk oatmeal dan sereal.


2. Fruktosa

Fruktosa terbuat dari gula yang berasal dari buah-buahan, rasanya lebih manis daripada gula pasir. Umumnya dijual di toko makanan atau supermarket besar dalam bentuk butiran.

3. Barley Malt Syrup

Sirup ini berasal dari tanaman barley (sejenis rerumputan yang menghasilkan biji sereal) yang dipanggang dan dimasak hingga menjadi sirup. Rasa malt-nya cocok untuk pemanis dalam minuman squash dan saus bercitarasa manis.

4. Madu

Madu merupakan pemanis alami yang paling populer. Selain rasa manis yang enak, pemanis yang dihasilkan lebah dari saru bunga ini jga mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan tidak menggemukkan jika dikonsumsi dalam jumlah wajar.

5. Stevia

Tanaman herbal ini memiliki rasa alami yang sangat manis dan telah digunakan selama berabad-abad oleh suku Indian sebagai pemanis. Kini daun stevia disebut-sebut akan menjadi pengganti tebu dan bisa ditemukan di toko makanan serta toko herbal dalam bentuk bubuk maupun cairan.

6. Gula Kelapa

Dibuat dari jus bunga kelapa, biasa juga disebut gula aren. Gula ini tinggi potassium, magnesium, zinc dan zat besi serta rendah glikemik indeks (ukuran dari dampak karbohidrat pada tingkat gula darah. Jika GI dalam sebuah karbohidrat rendah, makanan tersebut akan lebih lama diproses oleh tubuh sehingga kadar glukosa dalam darah dapat dipertahankan dalam batas normal) sehingga merupakan alternatif pemanis yang sehat.

7. Sirup Kurma

Pemanis alami yang terbuat dari kurma kerin yang dihancurkan. Kaya akan zat besi, potassium dan vitamin. Memiliki rasa manis seperti madu namun lebih ringan.

8. Konsentrat Jus Buah

Terbuat dari jus buah asli dan bisa didapatkan di toko makanan dan supermarket. Rasanya bisa berbeda-beda, tergantung jenis buah yang dipilih dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

9. Sirup Maple

Sirup maple terbentuk dari getah pohon maple, yang dididihkan sehingga terbentuk sirup yang kental. Sirup maple merupakan sumber kalsium yang bagus.



Sumber : disini

1 komentar :

ndop said...

wow... yu asal dikonsumsi dengan wajar, semua akan menyehatkan ya..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terimakasih banyak atas kunjungannya