7 Manfaat Mandi Pagi bagi Kesehatan 7 Manfaat Mandi Pagi bagi Kesehatan

Monday, April 15, 2013

7 Manfaat Mandi Pagi bagi Kesehatan

. Monday, April 15, 2013


Menurut beberapa penelitian, sebaiknya manusia membiasakan dirinya untuk mandi pagi dengan air dingin, kebiasaan mandi dengan air dingin dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.
Berikut adalah 7 manfaat mandi pagi dengan air dingin :


1.     Dapat melancarkan peredaran darah
Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, mandi pagi dengan air dingin yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan peredaran darah yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

2.     Dapat meningkatkan sel darah putih
Mandi pagi dengan air dingin dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dalam darah. Seperti yang kita tahu bahwa sel darah putih berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Tubuh akan tetap prima dan tidak mudah sakit.

3.     Dapat menurunkan resiko darah tinggi
Menurut Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, mandi dengan air dingin akan menurunkan resiko darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

4.     Dapat meningkatkan kesuburan
Mandi pagi dengan air dingin dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormone estrogen pada wanita, kedua hormon ini sangat penting bagi kesehatan reproduksi manusia. Akibatnya, kesuburan dan gairah seksual pun akan semakin meningkat.

5.     Dapat memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin juga bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan jaringan tubuh manusia. Jaringan kulit akan menjadi lebih sehat, kulit tidak kering dan lebih kenyal. Selain itu mandi pagi dengan air dingin juga bisa mengurangi noda dan lingkaran hitam di bawah mata. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal.
Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

6.     Dapat membuat rambut lebih sehat
Rambut yang dibilas dengan air dingin mampu menutup kutikula rambut sehingga dapat mencegah kerontokan rambut serta menjaga rambut dan kulit kepala lebih sehat dan bersih.

7.     Dapat meredakan depresi
Ritual mandi pagi dengan air dingin biasa dilakukan oleh pendekar samurai Jepang zaman dulu. Ritual ini disebut masogi dalam bahasa jepang, ritual ini berguna untuk meredakan depresi para pendekar samurai jepang. Kebiasaan ini bertujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

Itulah beberapa manfaat mandi pagi khususnya dengan air dingin bagi kesehatan tubuh manusia, jadi tidak ada alasan lagi bukan untuk malas mandi pagi. 


1 komentar :

judi bola online said...

bener banget tuh,,, mandi pagi itu memang sangat menyehatkan buat badan,, heheh

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terimakasih banyak atas kunjungannya